Selasa, 23 Oktober 2012

Teknik dasar bulutangkis sangat penting untuk para pemain bulutangkis, karena dengan kita menguasai teknik dasar bulutangkis maka kualitas permainan kita akan bisa berkembang dan meningkat dengan bagus.
Dibawah ini beberapa teknik-teknik dasar bulutangkis yang sering digunakan oleh para pelatih dalam mengajarkannya kepada para pemain-pemain pemula.

1. PEGANGAN RAKET ( GRIP )
          Cara memegang raket dengan benar akan sangat mempengaruhi dan menentukan kualitas permainan pemain, karena itu teknik cara memegang raket yang benar wajib dikuasai oleh para calon pemain bulutangkis.
Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis, oleh sebab itu kalau pada awalnya saja kita sudah salah dalam memegang raket maka akan sangat sulit kita untuk mengembangkan kualitas pukulan.
Pegangan raket yang yang benar adalah raket kita pegang menggunakan jari-jari tangan (ruas tangan) dengan luwes dan santai (rileks), tapi harus bertenaga pada saat memukul cock. Jangan memegang raket dengan menggunakan telapak tangan seperti saat kita memegang golok.
Bulutangkis ini dikenal sebagai olahraga yang banyak menggunakan tenaga pergelangan tangan, karena itu sejak dini pemula harus membiasakan diri memukul cock dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan (tenaga pecut).

Jenis Pegangan Raket
            Dalam bulutangkis ada beberapa macam jenis bentuk pegangan raket, tapi pada prakteknya semua jenis pukulan dalam bulutangkis hanya dilakukan dalam dua jenis bentuk pegangan raket, yaitu pegangan forehand dan backhand.
Para pemula biasanya pada tahap awal akan diajarkan cara memukul cock dengan pegangan forehand terlebih dahulu, baru kemudian pegangan backhand. Namun pada akhirnya nanti kalau pemain sudah trampil akan terlihat seperti hanya menggunakan satu jenis pegangan karena pergeseran tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya akan terlihat sedikit dan terjadi dengan secara otomatis.

Cara memegang raket " FOREHAND "


    
  1. Pegang raket dengan cara seperti       "jabat tangan", bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
  2. Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis dan kelingking menggenggam raket sedang jari telunjuk agak terpisah.
  3. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk



Cara memegang raket " BACKHAND "


Geser "V" tangan ke arah dalam, letaknya di samping dalam bantalan jempol pada pegangan raket yang lebar








Cara Latihan
  • Sebelum melakukan praktek latihan pukulan, perlu melakukan latihan adaptasi menggerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar.
  • Biasakan memegang raket dengan jari-jari tangan, luwes dan tetap rileks, tetapi tetap bertenaga.
  • Lakukan gerakkan raket ke arah kanan dan kiri menggunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakkan ke depan dan ke belakang sehingga terasa betul tekukkan pada pergelangan tengan.
  • Memukul cock ke tembok
  • Bouncing ball

Tidak ada komentar:

Posting Komentar